Mudah! Begini Cara Mendaftar Akun SIAPkerja Kemenaker
- https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-orang-di-laptop-461064/
Lifestyle, VIVA Bali – SIAPkerja adalah sebuah portal induk sekaligus juga sebuah ekosistem digital yang menjadi platform untuk berbagai jenis layanan publik dan juga aktivitas dalam hal ketenagakerjaan, baik itu di lingkup pusat maupun daerah.
Aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Indonesia, menawarkan kemudahan kepada masyarakat dalam mencari pekerjaan serta mengakses berbagai informasi penting terkait dunia ketenagakerjaan.
Tidak hanya kepada masyarakat, SIAPkerja ini juga diharapkan dapat memudahkan pihak perusahaan, kementerian serta lembaga dalam mengakses layanan yang tersedia di aplikasi tersebut, dikutip dari buku panduan pendaftaran SIAPkerja Kemenaker.
Bagi Anda yang ingin mendaftar akun SIAPkerja ini, simaklah langkah-langkahnya berikut.
Pendaftaran Akun SIAPkerja
Untuk mendaftar akun SIAPkerja, pertama-tama dapat diakses melalui laman kemnaker.go.id. Berdasarkan buku panduan mendaftar akun SIAPkerja oleh Kemenaker, cara selanjutnya yaitu sebagai berikut :
1. Klik menu “Masuk”
2. Pada laman login, klik “Daftar Sekarang”, lalu Anda akan dibawa ke laman pendaftaran akun
3. Lengkapi data pada pendaftaran akun, mulai dari Nomor Induk Kependudukan (No. KTP), nama lengkap, dan lain-lain (hanya untuk keperluan verifikasi identitas). Setelah terisi lengkap dan benar, klik “Berikutnya”
4. Masukkan alamat email Anda yang aktif, nomor hp yang aktif, dan buatlah password khusus. Jika sudah terisi lengkap dan benar, klik “Daftar Sekarang”
5. Masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan via SMS. Jika sudah, klik “Konfirmasi”
6. Pastikan pendaftarannya berhasil
Jangan lupa unduhlah aplikasi resminya bernama SIAPkerja di smartphone Anda. Perlu diingat, setelah berhasil mendaftar dan login ke portal SIAPkerja, lengkapilah profil Anda terlebih dahulu. Profil perlu dilengkapi agar seluruh layanan yang ada di SIAPkerja dapat diakses.
SIAPkerja menyediakan berbagai fitur, tidak hanya pendaftaran lowongan kerja saja, tetapi juga ada pelatihan keterampilan dan juga fitur konsultasi karir. Memungkinkan para pengguna meningkatkan kompetensi serta mempersiapkan diri mereka lebih baik lagi untuk masuk ke dunia kerja nantinya.
Perusahaan juga bisa mencari kandidat yang sesuai kriteria yang mereka perlukan melalui aplikasi SIAPkerja ini, baik itu di lingkup internasional maupun nasional, membangun koneksi secara lebih efektif antara yang mencari kerja dan yang memberi kerja.