Disabilitas di Lombok Timur Dapat Layanan Jemput Bola Dukcapil

Saat Navita didatangi Kadis Sosial dan Pihak Dukcapil
Sumber :
  • Amrullah/VIVA Bali

Lombok Timur, VIVA Bali – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Timur kembali turun langsung ke lapangan memberikan pelayanan administrasi kependudukan. Kali ini, sasaran layanan adalah Navita Karyawati (38), penyandang disabilitas asal Desa Sikur Selatan, Kecamatan Sikur.

Ketua DPC PDIP Lotim Nilai Kerja Kepolisian Polda NTB Gagal Total

Navita diketahui belum memiliki dokumen kependudukan yang lengkap. Kondisinya terdeteksi oleh Dinas Sosial Lombok Timur, yang kemudian menginformasikan kepada Dukcapil untuk segera dilakukan penanganan.

Menindaklanjuti laporan itu, tim Dukcapil bergerak dengan program Tuak Manis atau Tukar Administrasi Kependudukan Masyarakat Inklusif. Program ini memungkinkan petugas jemput bola mendatangi langsung warga yang kesulitan mengakses layanan, terutama penyandang disabilitas dan masyarakat terlantar.

Lombok Timur Surplus Beras, 1.500 Ton Dikirim untuk NTT

Sekretaris Dukcapil Lombok Timur, Arfani M. Masani, mengatakan layanan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah agar tidak ada warga yang terabaikan.

“Alhamdulillah, kami sudah turun langsung melakukan perekaman data. Kartu keluarga berbasis SIAK dan KTP elektronik untuk saudari Navita Karyawati sudah selesai diterbitkan,” ujarnya. Minggu, 31 Agustus 2025.

Diduga Karena Depresi, Mahasiswa di Lombok Timur Tewas Gantung Diri

Arfani menegaskan, dokumen kependudukan merupakan kebutuhan dasar setiap warga. Tanpa kelengkapan administrasi, masyarakat akan kesulitan mengakses berbagai layanan publik, termasuk bantuan sosial dan kesehatan.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa program Tuak Manis tidak hanya menyasar masyarakat umum. Layanan ini diprioritaskan juga bagi warga yang mengalami gangguan mental, penyandang disabilitas, maupun mereka yang hidup terlantar tanpa dokumen resmi.

Halaman Selanjutnya
img_title