Hotline Center NTB, Solusi Cepat Lindungi Pekerja Migran

Plt Kepala Disnakertrans NTB, Muslim
Sumber :
  • https://www.antaranews.com/berita/5136525/disnakertrans-ntb-sediakan-hotline-center-pengaduan-pmi

Mataram, VIVA Bali –Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Nusa Tenggara Barat (NTB) membuka layanan hotline center sebagai wadah pengaduan dan komunikasi bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal daerah tersebut.

Meninggal di Kazakhstan, Jenazah PMI Asal Jembrana Tiba di Rumah Duka

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disnakertrans NTB, Muslim di Mataram pada Jumat, 26 September 2025 menyampaikan bahwa layanan ini sangat penting dalam menghadirkan akses cepat, terintegrasi, dan terpercaya sehingga persoalan yang dihadapi PMI tidak hanya tersampaikan melalui media sosial.

"Kami ingin memastikan para pekerja migran kita, pahlawan devisa, mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Salah satunya dengan menghadirkan hotline center 24 jam yang bisa menghubungkan seluruh penempatan tenaga kerja kita, di mana pun mereka berada," kata Muslim. Seperti yang dilansir dari antaranews.com.

Polsek Denpasar Selatan Limpahkan Sejumlah Tersangka ke Kejaksaan, Termasuk Kasus Pembunuhan Jalan Gurita

Muslim juga menambahkan bahwa program ini menjadi bagian dari strategi pemerintah daerah dalam memperkuat tata kelola pelayanan tenaga kerja, baik domestik maupun luar negeri.

Menurutnya, keberadaan hotline center akan menjadi pintu masuk dalam mempermudah pengelolaan data pekerja migran.

Dimakan Usia, Rumah Warga Pengambengan Roboh

"Sistem ini akan memanfaatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP elektronik yang bersifat tunggal, sehingga dapat dikoneksikan dengan informasi mengenai perusahaan penempatan, lokasi kerja, serta koordinasi lintas pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga desa," ungkap Muslim.

Ia menyoroti bahwa keterbatasan jalur resmi selama ini membuat banyak permasalahan PMI lebih dulu mencuat di media sosial sebelum ditangani pemerintah.

Halaman Selanjutnya
img_title