Dinkes Berikan Layanan Tanggap Bencana Untuk Korban Banjir

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr Emirald Isfihan
Sumber :
  • Ramli Ahmad/ VIVA Bali

Mataram, VIVA Bali –Pemerintah Kota Mataram memastikan memberikan pelayanan dan penanganan yang optimal bagi para penyintas banjir. Respon cepat terhadap kejadian tersebut, segera mengambil langkah-langkah penanganan bencana untuk membantu meringankan dampak yang ditimbulkan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr. Emirald Isfihan mengatakan, layanan yang diberikan meliputi pemeriksaan kesehatan, penyuluhan, konseling dan sosialisasi terkait kesehatan.

"Kami berupaya memastikan warga mendapatkan akses kesehatan yang cepat dan memadai, terutama wilayah banjir ini, hari pertama kita telah menangani 240 orang, hari kedua 300 orang," ujar Emirald Selasa 8 Juli 2025.

Posko kesehatan yang didirikan Dinas Kesehatan (Dinkes) ini hadir di rumah penduduk, pos pengungsian, hingga tempat ibadah sehingga dapat dengan mudah dijangkau para penyintas banjir,  selama masa tanggap darurat bencana yang telah di umumkan walikota Mataram, akan terus dilaksankan evaluasi keterkaitan penyakit akibat kondisi lingkungan.

Posko Pelayanan Kesehatan di Pendopo Walikota Mataram

Photo :
  • Ramli Ahmad/ VIVA Bali

Ia mengimbau masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjaga kebersihan lingkungan dan tetap waspada terhadap potensi masalah kesehatan seperti penyakit kulit, diare dan demam berdarah.

“Diharapkan, kehadiran posko ini dapat membantu masyarakat memulihkan kesehatan mereka setelah bencana banjir dan mencegah terjadinya masalah kesehatan lebih lanjut,” tandasnya.