Perbedaan Lintasan F1 dan MotoGP yang Jarang Diketahui

Sirkuit lintasan bersama MotoGP dan F1 seperti Redbull Sirkuit
Sumber :
  • https://www.redbullring.com/en/red-bull-ring/

Otomotif, VIVA Bali – Meski sama-sama menggunakan lintasan balap sirkuit dan menawarkan sensasi kecepatan tinggi, trek yang digunakan untuk Formula 1 (F1) dan MotoGP sejatinya memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Perbedaan ini bukan hanya dari segi ukuran atau bentuk, tapi juga menyangkut aspek teknis yang berpengaruh langsung pada performa kendaraan dan strategi balapan. Artikel ini akan mengupas tuntas perbedaan trek F1 dan MotoGP dari berbagai aspek penting.

1. Desain dan Lebar Sirkuit

Trek F1 umumnya memiliki lebar minimal 12 hingga 15 meter dan dirancang khusus untuk mobil balap berukuran besar dengan downforce tinggi. Lebar ini diperlukan untuk memungkinkan manuver menyalip dengan aman pada kecepatan tinggi dan memberi ruang saat terjadi insiden antar mobil.

Sebaliknya, trek MotoGP cenderung lebih sempit, dengan lebar rata-rata antara 10 hingga 12 meter. Meskipun beberapa sirkuit MotoGP juga digunakan untuk F1, seperti Circuit de Barcelona-Catalunya, biasanya dilakukan penyesuaian layout untuk menyesuaikan karakteristik motor dan kebutuhan pengereman serta akselerasi pengendara roda dua (MotoGP.com, 2023-09-18).

2. Permukaan Aspal dan Grip

Permukaan aspal trek F1 dirancang untuk menghasilkan tingkat grip maksimal guna mendukung gaya tekan ke bawah (downforce) dari mobil-mobil F1. Ini berarti aspal harus sangat halus namun tetap memiliki tekstur yang mencengkeram kuat.

MotoGP memiliki kebutuhan berbeda. Motor tidak memiliki downforce sebesar mobil F1, sehingga permukaan aspal harus memberi grip maksimal untuk ban sepeda motor yang memiliki kontak lebih kecil dengan permukaan tanah. Trek MotoGP biasanya memiliki tekstur yang sedikit lebih abrasif untuk mendukung ban motor bekerja secara optimal (Michelin Motorsport, 2022-08-04).